Jumat, 09 Januari 2009

resensi buku


Judul Resensi : Kiat Kiat Dalam Berbisnis
Identitas Buku
Judul Buku : Cintai Kegagalan
Pengarang : Ahmad Amri Zainal &
Nurasyikin Ahmad
Penerbit : PT Mizan Publika
Tahun Terbit : 2008
Tebal Halaman : XIV + 226
Harga Buku : Rp 36.000,00

Banyak individu di dunia ini yang menginginkan kesuksesan dan kesejahteraan dalam hidupnya. Salah satu yang paling ingin dicapai manusia yakni menjadi pengusaha yang sukses, namun untuk menjadi pengusaha yang sukses tidaklah mudah dan harus mengetahui beberapa hal dalam melaksanakan bisnisnya.

Banyak orang gagal dalam berbisinis karena mereka tidak mengetahui cara berbisnis yang benar dan juga seringnya mereka melakukan kesalahan dalam berbisinis. Oleh karena itu pengarang menulis buku ini untuk mengajarkan dan memberikan sedikit ilmunya kepada para pembaca dalam hal berbisnis. Penulis ingin mengajarkan para pembaca atau orang yang ingin memulai bisnisnya agar menghindari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisinis yang gagal dan cara mengatasi kesalahan tersebut.

Buku “Cintai Kegagalan” ini saya resensi dikarenakan tugas yang diberikan guru Bahasa dan Sastra Indonesia dikelas XII dalam SMAN 12 Jakarta di semester pertama guna memperoleh nilai dan menuntaskan satu kompetensi dasar dari sekian banyak kompetensi yang harus saya selesaikan.

Selain tugas yang diberikan guru saya, saya meresensi buku ini juga dikarenakan saya merasa bahwa terlalu egois apabila saya hanya membacanya sendiri padahal sekian banyak orang meginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Oleh karena itu saya meresensi buku ini untuk membertahukan sedikit banyak mengenai buku ini.

Kesalahan pertama yang ingin diajarkan pengarang yakni adalah mengenai potensi diri. Banyak pengusaha yang gagal dalam bisinis bukan karena mereka tidak pandai berbisinis, tetapi mereka gagal karena kesalahannya sendiri. Mereka terkadang tidak mengetahui bisnis yang cocok dengan karakter mereka mungkin ini dikarenakan banyak pebisnis yang menginginkan keuntungan yang besar dengan cara yang termudah namun tidak sesuai dengan karakter mereka tersebut. Hal inilah yang dapat membuat bisnis anda tidak berjalan dengan baik atau juga gagal.

Menurut penelitian pengusaha yang sukses memiliki beberapa ciri yang sama yakni mereka adalah pemimpin sejak awal yang bisa memimpin diri sendiri serta orang lain, mereka mampu bekerja dengan baik walaupun dalam keadaan tertekan sehingga mereka dapat mengendalikan emosinya dengan baik, dan terakhir mereka adalah penyelesai masalah yang hebat, mereka dapat memikirkan cara penyelesaian yang paling efektif dan kreatif. Namun jangan kecewa terlebih dahulu bila karakter anda tidak sesuai dengan ciri pengusaha yang sukses diatas, karena tanpa ciri-ciri diatas pun anda masih bisa menjadi pengusaha yang sukses yakni apabila anda ditakdirkan untuk sukses, oops takdir adalah alasan terakhir dalam kesuksesan namun sebelumnya anda dapat sukses kali ini bukan karena alasan takdir tetapi apabila anda tahu peluang yang sesuai dengan karakter diri anda. Karakter anda menentukan jenis usaha yang cocok dengan diri anda misalkan jika anda memiliki kemampuan berosialisasi dengan baik anda lebih cocok untuk menjual produk baru di pasaran Orang disamping anda juga berperan dalam kesuksesan anda. Jadikan mereka atau pilihlah orang yang dapat mendukung anda sehingga disaat anda terjatuh mereka ada untuk membangkitkan anda kembali.

Kesalahan kedua yakni ......., Eits mau tahu lebih banyak lagi mengenai berbagai kesalahan yang harus dihindari dan cara mengatasinya. Dalam buku ini masih terdapat 43 lagi kesalahan yang harus dihindari, jadi apabila anda ingin mengetahui dan tertarik akan dunia bisnis buku ini merupakan pilihan yang tepat untuk kehidupan bisnis anda.
Buku ini dikarang oleh dua pengarang yang pertama yakni AHMAD AMRI ZAINAL ADNAN. Ia adalah pengusaha muda yag memulai usahanya sendiri sejak berusia 25 tahun. Ia pernah menjadi guru selama 2 tahun. Ahmad Amri Zainal Abidin adalah sarjana dalam bidang psikologi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Minatnya begitu mendalam dalam bidang usaha. Sekarang dia menjadi agen penjualan produk kesehatan dr. Azimuth di TTDI Jaya Shah Alam. Selain menjadi agen, ia juga sering diundang sebagai penceramah dan fasilitator program-program motivasi remaja. Perusahaannya, Sarjana Resources, juga memberikan program-program motivasi khusus untuk kalangan remaja. Dia juga aktif menulis dalam blog yang dimilikinya, yaitu rahsiabisnes.blogspot.com, untuk berbagi pengalaman dengan pengusaha-pengusaha muda yang lain. Laman web kuliyyah.wordpress.com merupakan panduan untuk kalangan muda dalam memahami tujuan hidup. Saat ini, dia sedang membuat usaha secara online.

Pengarang yang kedua yakni NURASYIKIN AHMAD. Ia adalah pendatang baru dalam bidang kepenulisan. Wanita ini adalah sarjana ekonomi dai Universitas Kebangsaan Malaysia. Saat ini dia menjabat sebagai dewan eksekutif di Sarjana Resources. Disamping itu, ia juga ikut mengembangkan usaha yang dimiliki oleh suaminya.

Sebelumnya, ia pernah menjadi guru selama hampir tiga tahun. Ia juga pernah melibatkan diri sebagai fasilitator program-program motivasi untuk remaja. Sejak kecil, ia sudah berkecimpung dengan bidang usaha. Saat di bangku sekolah, ia pernah menjadi agen pakaian dan menjualnya langsung kepada teman-temannya di sekolah. Ia juga pernah memasuki bisnis MLM.

Ia aktif menimba ilmu dalam bidang usaha dengan mengikuti berbagai seminar dan kursus untuk memantapkan ilmu dan mendapatkan pengalaman dari pengusaha yang sukses. Harapannya adalah semoga bisnis yang dijalankannya diberkati dan sukses dengan gemilang

Kelebihan buku ini dari buku yang lainnya yakni penggunaan suku bahasa yang mudah dipahami. Dalam buku ini juga terdapat ilustrasi gambar sehingga dan pembaca tidak jenuh dengan banyakya huruf yang harus dibaca. Isi buku sangat baik dan sangat detail menjelaskan kesalahan serta cara mengatasi permasalahan tersebut. Namun tampilan buku yang menampilkan sesorang yang sedang berada di atas awan menggunakan tangga dirasa kurang cocok dengan judul buku yang diberi nama Cintai Kegagalan.

Jadi saya rasa buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh orang yang tertarik untuk memulai bisnis atau juga tertarik akan dunia bisnis dengan segala kelemahan dan kelebihannya saya rasa buku ini sangat layak untuk dibaca agar kita semakin semangat dalam dunia bisnis serta menambah pengalaman apabila sewaktu-waktu terjun kedunia bisnis.









1 komentar:

iey-gox mengatakan...

wahhh,,, pengenn bisnis jg nh gw. ahahah

Posting Komentar